Zoom dinilai tidak aman? 6 Aplikasi Meeting online alternatif


Zoom dinilai tidak aman? 6 Aplikasi Meeting online alternatif

Techforlife.blog - Aplikasi Zoom, atau yang lebih dikenal dengan fitur video call yang dapat digunakan untuk Meeting online ini diklaim memiliki keamanan yang rendah. Sampai - sampai Google menyarankan untuk tidak menginstal aplikasi zoom ini di ponselnya. Belakangan ini popularitas aplikasi yang satu ini memang sedang naik, apalagi di beberapa negara di dunia saat ini sedang gencar melakukan pembatasan aktivitas akibat Pandemi Covid-19 yang menyerang dunia saat ini. 

Aplikasi Zoom berdiri tahun 2011 atau kurang lebih 9 tahun yang lalu, yang mengusung layanan peer-to-peer berbasis cloud yang bisa digunakan untuk telekonferensi, telekomunikasi, pendidikan jarak jauh, dan menghubungkan dengan keluarga yang jauh. Namun semenjak isu yang beredar bahwa aplikasi ini tidak memiliki enskripsi end-to-end, beberapa instuisi dunia pun membatasi penggunaan aplikasi Zoom untuk rapat.

Nah, untuk kali ini sahabat tecno mungkin bertanya-tanya lantas aplikasi apa yang bisa gunakan untuk meeting tanpa was-was akan hal itu? Berikut 6 Aplikasi Meeting yang bisa menjadi alternatif.

1. Whatsapp

Whatsapp Mobile

Yaps, Selain Chatting aplikasi whatsapp ini memiliki fitur video call yang dapat digunakan untuk rapat kerja dan berdiskusi jarak jauh. Namun sayangnya aplikasi ini hanya bisa digunakan oleh 4 orang saja. Tapi, ada kabar baik nih, di update terbarunya whatsapp kini dapat digunakan 8 orang sekaligus. Untuk kemanan Whatsapp jangan diragukan lagi, aplikasi ini memiliki keunggulan enskripsi end-to-end yang tentunya aman dari peretas. 

2. Cisco Webex

Cisco Webex
Di telinga beberapa orang mungkin aplikasi ini terasa asing, namun aplikasi ini sering digunakan oleh beberapa perusahaan untuk melakukan meeting skala besar yaitu sekitar 100 orang. Namun, jumlah tersebut bervariasi karena terdapat beberapa paket langganan yang digunakan.

Fitur di Aplikasi Cisco Webex ini adalah screen Sharing, dukungan Google Assistant dan Google Home Hub, papan tulis virtual untuk menggambar, pengunggah dokumen, hingga perekam percakapan video. 

3. Skype

Skype Video Call
Skype merupakan salah satu aplikasi besutan microsoft yang dapat kalian gunakan sebagai alternatif dalam mencari aplikasi rapat online. Aplikasi ini dapat digunakan oleh 25 orang untuk  bertatap muka secara online dalam satu kali panggilan. 

Skype dapat diakses melalui beragam perangkat, termasuk Komputer (PC maupun laptop), Smartphone, hinggan smart tv.

Skype juga memiliki fitur Chatting seperti whatsapp yang dapat digunakan untuk pribadi maupun grup. Salah satu keunggulan Skype yaitu dapat digunakan dalam panggilan berbayar ke nomor ponnsel maupun nomor telepon rumah. 

4. Slack 

Slack Video Call
Slack adalah aplikasi percakapan berbasis grup yang dapat digunakan untuk berkomunikasi video maupun panggilan. Aplikasi ini sering digunakan oleh perusahaan atau sebuah tim agar mudah dalam berkomunikasi.

Aplikasi ini dapat digunakkan hingga 15 orang dalam satu panggilan. kelebihan lainnya adalah aplikasi ini juga dapat berbagi dokumen seperti Cisco Webex.

5. Google Hangouts Meet  

Slack Video Confference
Aplikasi yang satu ini adalah aplikasi buatan Google yang mampu melakukan video call hingga 250 pengguna sekaligus dalam sekali panggilan.

Aplikasi ini juga dibekali beberapa fitur keren dari Google yaitu Text-to-Speec, dan jadwal yang dapat dihubungkan dengan Google Calendar.

Apabila ingin mengundang orang lain diluar video, penyelenggara percakapan video cukup membagikan meeting code ke orang lain tersebut dan orang tersebut sudah dapat asuk dalam meeting. 

6. Facetime 

Facetime Video Call
Aplikasi Facetime merupakan aplikasi yang tersedia di Apple Store dan hanya dapat digunakan oleh semua produk apple seperti iphone, iPad, dan Ipod Touch. Facetime mampu menampung hingga 32 orang dalam satu panggilan video.

Aplikasi ini dapat menggunakan kmaera depan maupun kamera belakang untuk memperlihatkan suatu objek yang dapat ditujukan kepada peserta dalam grup pangggilan video tersebut.

Berikut merupakan beberapa aplikasi yang dapat sahabat techno gunakan sebagai alternatif untuk melakukan Video Confference. Source : Kompas.techno

Comments