4 Jenis Animasi Beserta Penjelasannya

Animasi 3D dari Disney

Hallo lama nih mimin ga posting, mungkin dengan kesibukan mimin di kehidupan nyata kali yaa hehe.. udah beberapa bulan juga kita udah engga bahas animasi lagi nih, nah berhubung mimin juga baru baca-baca perihal animasi lagi, ada beberapa bahasan yang wajib kalian tau sebelum kalian benar-benar pengen tau apasih animasi? dan buat kamu mungkin yang ingin buat animasi. 

Animasi sendiri mengalami perkembangan yang sangat pesat entah 3 Dimensi maupun 2 Dimensinya. di dalam animasi sekarang ini juga banyak sekali jenis yang dulunya hanya sederhana dan sekarang berkembang menjadi lebih kompleks sesuai dengan perkembangan jaman. nah, daripada lama-lama langsung aja kita bahas Jenis-Jenis Animasi sesuai yang berkembang saat ini :

1. Animasi 2D

Animasi 2D Mickey Mouse
Animasi ini mungkin lebih dikenal dengan istilah film Cartoon (kartun), Animasi yang menceritakan hal yang lucu dan unik dari setiap karakter menjadi ciri khas film kartun atau 2D ini.  

2. Animasi 3D

Animasi 3D Doraemon
Animasi ini merupakan sebuah perkembangan dari canggihnya perangkat komputer untuk saat ini. Animasi merupakan pengembangan dari animasi 2 Dimensi, sehingga dalam konteks ini animasi 3D membuat animasi 2D tampak lebih hidup dan memiliki kedalaman serta ruang yang dapat kita lihat dari berbagai sisi. Animasi ini akan tampak seperti manusia sugguhan dengan gaya dan model yang sebelumnya di aplikasikan melalui 2D.

3. Animasi Stop Motion

Stop Motion yang digerakkan frame by frame

Animasi juga dikenal dengan istilah claymotion karena animasi ini menggunakan objek  tanah (clay) yang menjadi objek untuk digerakkan. Karakter dalam animasi clay ini dibuat dengan rangka khusus untuk tubuhnya yang kemudian  ditutup dengan plasficine sesuai dengan bentuk tokoh yang ingin dibuat, bagian-bagian ini meliputi kepala, tangan, kaki, yang dapat dilepas dan kemudian di pasang kembali. Setelah tokoh/karakter siap kemudian difoto dengan Frame by Frame setiap gerakan, sehingga setelah nanti gambar di lihat secara berurutan maka akan terlihat seperti objek bergerak.

4. Anime   

Karakter Animasi 2 Dimensi Yang dikenal dengan istiah Anime
Anime merupakan salah satu animasi jepang yang mungkin sudah tidak asing lagi bagi masyarakat indonesia akan kepopulerannya.  Jepang juga tidak kalah dibandingkan dengan video animasi buatan eropa atau negara maju lainnya. Anime memiliki karakter yang berbeda dengan animasi buatan eropa. Anime juga terdapat rating untuk anak-anak bahkan orang dewasa sekalipun.

Mungkin sekian dulu untuk jenis-jenis animasi yang dapat mimin sampaikan, Cek terus update dari mimin yaa.. Tinggalkan komentar sebagai bentuk apresiasi kalian terhadap blog ini untuk kedapannya.

       

Comments