11 Situs untuk Belajar Coding Gratis


12 Situs untuk Belajar Coding Gratis 
Hallo sahabat techno, kembali lagi kita akan ulas mengenai situs untuk belajar coding gratis. Pasti beberapa sahabat techno ga asing dong yang namanya coding, dan mungkin juga mau mulai belajar? tapi bingung mau belajar dimana?. Nah, beberapa situs berikut ini merupakan situs untuk belajar Coding Gratis yang bisa kalian coba tentunya. Langsung saja berikut artikelnya.

11 Situs untuk Belajar Coding Gratis 

1. Cocademy

Homepage Situs Cocademy
Situs Cocademy ini merupakan situs yang bisa kalian gunakan untuk belajar coding secara gratis. Sekitar 30 juta orang yang belajar Coding menggunakan situs ini. Di situs ini juga memiliki beberapa jenis coding yang dapat kalian pelajari contohnya HTML & CSS, Javascript, Ruby, Phyton, PHP, dan Jquery secara Gratis. 

2. Udemy 

Homepage Situs Udemy

Situs Udemy ini sudah ada sejak kurang lebih 10 tahun yang lalu yaitu tahun 2010. Dengan metode penayangan video di website ini kalian bisa mendapatkannya dengan cuma-cuma alias gratis selama kurang lebih 30 Hari. Di situs ini juga terdapat beberapa jenis coding yang dapat kita pelajari antara lain Programming For Entrepreneurs, HTML & CSS, dan Introduction Python Programming.

3. GitHub

Homepage Situs 

Di situs GitHub sebenarnya bukan website untuk belajar coding, namun di situs ini terdapat buku-buku gratis yang bisa kalian baca termasuk buku yang membahas mengenai coding maupun Pemrograman. Di situs ini terdapat ratusan buku yang membahas tentang coding yang dapat dibaca secara gratis. 


4. Coursera 

Homepage Situs Coursera 
Situs yang selanjutnya adalah Coursera. Situs ini sudah ada sejak tahun 2012. Coursera  merupakan website yang menjadi sebuah perusahaan di bidang pendidikan teknologi yang menawarkan lebih dari 1000 program dan 119 institusi. Menariknya lagi, selain belajar kita juga dapat melakukan pembayaran serta sertifikat secara gratis di situs ini.   

5. aGupieWare

Homepage Situs aGupieWare
Situs aGupieWare merupakan sebuah pengembang aplikasi yang mana sudah disurvei oleh program ilmu komputer dari beberapa lembaga terkemuka di Amerika Serikat. Pada akhirnya, situs ini memiliki kurikulum yang sama berdasarkan program gratis yang juga tersedia di Stanford, MIT, Carnegie Mellon, Berkeley dan Columbia. 

6. MIT Open Courseware


Homepage Situs MIT Open Couseware
Situs MIT Open Couseware ini cukup menarik untuk kalian yang sudah merasa cukup dengan pembahasan pemrograman dasar, kamu bisa mengunjungi MIT Open Courseware untuk belajar coding secara gratis yang lebih mendalam lagi. Sesuai dengan namanya, situs ini memanfatkan courseware milik MIT untuk bisa membagikan ilmu pemrograman. Bahkan, di sini kamu bisa belajar Practical Programming secara cuma cuma. 


7. Code Avengers


Homepage Situs Code Avenger
Situs selanjutnya adalah Code Avengers merupakan situs belajar coding gratis yang sangat interaktif. Di sini, kita dapat mempelajari bagaimana coding game yang sesungguhnya, coding sebuah aplikasi, serta tidak lupa akan ada pelajaran mengenai JavaScript, dan HTML & CSS. Setiap pelajaran, akan memakan waktu hingga 12 jam hingga selesai. Situs ini juga mendukung beberapa bahasa beberapa negara, namun bahasa indonesia belum tersedia di situs ini.


8. Khan Academy

Homepage Situs Khan Academy

Situs belajar coding gratis ini sudah cukup tua. Khan Academy sudah ada sejak tahun 2006 yang mana pengajar pertamanya adalah Salman Khan. Setiap langkah untuk belajar coding di sini disajikan dalam bentuk video tutorial. Kayaknya, nggak perlu dijelaskan lebih panjang lagi, kamu bisa langsung mengunjunginya dan belajar.


9. Free Food Camp

Homepage Situs Free Food Camp
Pada situs Free Food Camp, kamu akan mempelajari HTML5, CSS3, JavaScript, Database, DevTools, Node.js, Angular.js, dan Agile. Di sini, kamu dapat bergabung dengan jaringan komunitas mahasiswa hingga profesional sekalipun. Kerennya, di sini kamu bisa membuat sebuah aplikasi gratis sekaligus menunjukkan keterampilan coding yang sudah kamu kuasai.


10. HTML5 Rocks

Homepage Situs HTML5
Situs belajar coding gratis selanjutnya adalah HTML5 Rocks. Situs ini merupakan proyek Google yang sudah diluncurkan pada tahun 2010. Situs ini didirikan untuk melawan HTML5 Apple. Kamu bisa mendapatkan beragam tutorial dan lain sebagainya. Dengan aktif mengunjungi situs ini, kamu akan mampu memiliki dasar yang baik dalam bidang pemrograman.

11. edX

Homepage Situs Edx 
Situs yang terakhir adalah edX merupakan salah satu platform online-learning yang cukup terkenal di bidang pendidikan teknologi. Situs ini bersifat open source. Situs ini didirikan pada tahun yang sama dengan Coursera dan dibangun oleh Universitas Harvard dan MIT.

Nah, sekian artikel sahabat techno kali ini. semoga bermanfaat dan jangan pantang menyerah dalam belajar yaa!. sukses buat kalian-kalian generasi techno.
Dilansir dari : https://jalantikus.com/




Comments

  1. If you want to study masters in UX design india. Join subhe online courses in hindi. In this program, you will learn from the basics to advanced design like Color theory, Topology, Typography, etc. Get to learn UI and UX graphic design classes training from highly experienced faculty which is an amazing way to gain practical as well as theoretical knowledge.

    ReplyDelete

Post a Comment