Tips Untuk Menjaga Kesehatan Mata Saat menggunakan Gadget

Menjaga Kesehatan Mata di Depan Gadget

Hallo, Untuk kesempatan kali ini mimin akan membahas Tips Untuk Menjaga Kesehatan Mata bagi kalian yang gemar bermain Gadget nih. Ngga bisa dipungkiri bahwa kemajuan teknologi membuat setiap orang saat ini tidak ada yang bisa jauh dari dunia Gadget. Di jaman serba digital seperti saat ini, tanpa kita sadari kita saat ini sangat bergantung dengan penggunaan Gadget dan Komputer. Di Kantor ataupun disekolah apalagi yang ada di SMK nih kaya mimin, Diharuskan bekerja di depan komputer selama 8-10 jam sehari pastinya akan memberi dampak buruk bagi kesehatan mata. Oiya daripada lama-lama langsung aja kita simak yang berikut ini. 

Sebenarnya apasih yang membuat perangkat digital yang kita gunakan dapat berpengaruh terhadap mata kita?

Bekerja di depan gadget ataupun komputer membuat mata harus terus-menerus mengatur fokus sepanjang waktu dan membuat otot mata bergerak maju dan mundur selama kamu membaca atau bermain gadget. Mata juga akan berekasi ketika tampilan di monitor berubah warna untuk mencerna gambar yang kita lihat. semua kegiatan terseut membuat otot mata kita bekerja dengan sangat keras. dibandingkan membaca buku, menatap gadget akan lebih berbahaya karena gadget memancarkan sinar yang menyilaukan, kontras dan gerakan cahaya yang tidak stabil. 

Tanpa kita sadari saat kita menatap layar gadget mata kita akan berkedip sedikit lebih lama dibandingkan dengan keadaan normal tanpa gadget. Berkedip merupakan upaya alami yang dapat kalian lakukan untuk menjaga kesehatan mata saat di depan gadget. Umumnya seseorang akan berkedip sebanyak 18 kali semenit. Dan beberapa riset mengatakan saat berada di depan gadget seseorang hanya akan berkedip sekitar 9 kali kedipan mata setiap kali di depan gadget. Dari kegiatan  tersebut akan berakibat mata menjadi kering, lelah, gatal-gatal dan sering kali panas di daerah mata.

Computer Vision Syndrome (CVS)

Atau lebih dikenal dengan istilah mata lelah akibat terlalu lama menatap layar komputer atau tablet ini disebut sebagai Computer Vission Syndrome (CVS). Penelitian menunjukkan bahwa 50%-90% pekerja yang bekerja di depan komputer mengalami sindrom ini.Tidak hanya orang dewasa namun Syndrome ini juga dapat menyerang anak-anak yang sering bermain gadget. 

Gejala CVS antara lain :
  • Penglihatan menjadi kabur
  • Mata menjadi merah dan kering
  • Iritasi mata
  • Sakit kepala
  • Nyeri di daerah leher dan punggung
  • Penglihatan menjadi berbayang 

Tips Menjaga kesehatan Mata Meski Berlama-lama di Depan Gadget

Mata yang lelah jika didiamkan secara terus menerus maka akan merusak sistem saraf yag terdapat dalam mata, yang akan merusak penglihatan dang menggangu aktivitas. Sebenernya kalian hanya perlu merubah kebiasaan kalian yang salah saat bekerja dalam waktu yang tidak sebentar seperti mimin hehe. 10 jam di sekolah dan belom lagi main gadget pas dirumah, bisa dibayangin sendirikan? hehe.. Sutt 

Atur Komputer atau Gadget kalian agar lebih Bersahabat dengan Mata

  • Taruh layar komputer dijarak yang aman, yaitu 50 cm- 60 cm jauhnya dari mata
  • Atur cahaya didalam ruangan agar tidak terlalu gelap dan tidak terlalu terang sehingga mata akan nyaman saat melihat monitor dalam waktu yang lama. 
  • Kalian juga harus mengatur keterangan, font, dan kontras agar lebih nyaman dilihat.

Sayangi Matamu 

  • Istirahatkanlah mata sejenak dengan menjauhkan pdandangan dari layar monitor setiap 20 menit dan lihatlah sesuatu yang jaraknya 20 kaki dari kalian selama 20 menit.
  • Jangan lupa untuk metode alami yang kalian harus lakukan yaitu sering-sering berkedip agar menjaga mata kalian tetap lembab. Jika terasa kering gunakan obat tetes mata untuk beberapa saat setiap dirasa terlalu lama di depan komputer atau gadget. 
  • Periksakan kesehatan mata secara berkala untuk mengatasi hal-hal yang mungkin diluar kendali kita dalam merawat kesehatan mata.
Sekian Tips-Tips yang mungkin dapat kalian lakukan ketika sedang bermain gadget namun tidak ingin mata kalian yang jadi korban ketika bermain gadget hehe. Semua ada porsinya ya gaes hehe.. Sekian dulu postingan dari saya semoga bermanfaat, jangan lupa tinggalkan jejak kalian di kolom komentar yaa.. 



Comments

  1. Bermanfaat banget buat masa-masa seperti sekarang yang lebih cenderung buka hp dan sering melihat layar hp.

    ReplyDelete
  2. Infonya sangat bermanfaat. Susu kamving Kandungan vitamin A pada susu kambing etawa selain bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata

    ReplyDelete

Post a Comment