Lensa Yang Cocok Digunakan Untuk Foto Landscape

Lensa yang cocok digunakan untuk foto Landscape

Title
Hallo, Untuk kesempatan kali ini mimin akan membahas tentang dunia fotografi. Mungkin beberapa dari kalian udah tau dong dengan teknik Fotografi yang satu ini? karena teknik ini adalah teknik yang paling digemari seorang fotografer dengan mengambil gambar lanskap atau pemandangan alam. Selain mempelajari beberapa teknik untuk mengambil foto lanskap yang menakjubkan, Namun Lensa juga akan mempengaruhi hasil foto kalian nantinya. 



Lensa kamera merupakan salah satu yang harus dipertimbangkan karena sangat berpengaruh besar terhadap foto lanskap yang akan dihasilkan. Ketajaman gambar, perbandingan subyek, jarak pandang yang fokus, kejelasan suatu gambar akan ditentukan dengan kualitas kamera yang baik. Berikut ini adalah daftar lensa yang cocok untuk foto Lanscape.

1. Lensa Ultra Wide & Wide Angle  

Lensa Wide Angle


Mempunyai sudut yang lebar, tentunya membuat kamera ini cocok digunakan untuk foto Lanskap. Lensa ini juga populer di kalangan fotografer Lanskap. Namun salah satu kekurangannya adalah apabila menggunakan lensa ini adalah, karena lensa ini dapat mengambil gambar dengan sudut yang lebar maka akan muncul efek fisheye, yaitu gambar akan berubah baik itu bentuk maupun menyimpang ke tepi sebagaimana baisanya terjadi pada panjang fokal 18 mm atau lebih rendah.



Meskipun demikian, jika kalian memilih untuk menjadi fotografer lansekap atau landscape, maka lensa yang satu ini merupakan pilihan utama yang harus kamu pilih. Selain memberikan sudut pandang yang luas, lensa ini juga mampu memberikan sense of depth, sehingga membuat garis horizon terlihat lebih jauh.


2. Lensa Telephoto 

Lensa Telephoto 

Untuk menghasilkan gambar lansekap yang berkualitas adalah lensa telephoto 85-200 mm atau biasa disebut dengan lensa tele. Digunakannya lensa jarak jauh ini pada pemotretan lanskap, maka akan membantu kalian seolah kalian berada cukup dekat dengan subyek yang kamu bidik.

Lensa ini tergolong cukup mahal dibandingkan kedua lensa di atas. Akan tetapi, lensa ini merupakan lensa yang tidak harus dimiliki seorang fotografer, karena belum tentu seorang akan menggunakan aperture yang luas. Dalam hal ini lensa tele sangat berperan untuk menciptakan sebuah foto yang sederhana tetapi tetap memiliki karakter yang kuat. Untuk memotret pemandangan yang luas tersebut, tidak selalu menggunakan sudut yang lebar, tetapi juga dapat menggunakan lensa yang cocok untuk foto landscape berjenis tele ini agar foto landscape dapat lebih bagus dan subjek dapat lebih terisolasi untuk menampilkan foto yang memiliki komposisi foto yang lebih fokus atau penekanan yang lebih menonjol.

3. Lensa Kit/Standar

Canon-EF-S-10-18mm-f4.5-5.6-STM

Lensa Kit merupakan salah satu lensa yang cocok untuk foto landscape, dimana lensa ini dapat menangkap obyek yang dekat sebagaimana mata manusia melihat sesuatu. Lensa ini memiliki jarak sekitar 50 mm. Lensa ini dapat membidik obyek dengan benar-benar fokus, yaitu pada pemandangan lanskap, sehingga tampak lebih detail dan hal-hal yang mengganggu dapat dihilangkan.



Jika kalian ingin gambar lain selain landscape, maka lensa 50 mm dengan aperture f/1.8 dapat kamu tambahkan pada lensa yang cocok untuk foto landscape yang satu ini. Akan tetapi jika kamu ingin fokus pada foto landscape, maka kamu dapat menentukan komposisi  yang tepat dengan melihat zoom out dan zoom out ketika kamu ingin membidik obyek lebih dekat atau lebih jauh.


Hasil Foto Landscape
Itulah beberapa lensa yang cocok untuk foto landscape yang dapat kalian gunakan untuk mengambil foto lanskap. Untuk menghasilkan foto lanskap yang berkualitas tidak hanya faktor lensa saja yang mendukung hasilnya nanti, namun Teknik-teknik pengambilan gambar Lanskap juga perlu dipelajari. 

Sekian Artikel dari saya kali ini semoga bermanfaat, jangan lupa tinggalkan jejak kalian di kolom komentar yaa.




Comments