AUGMENTED REALITY

AUGMENTED REALITY 

Video Game yang terdapat Teknologi Augmented Reality


Hallo, lama nih ngga posting hehe, untuk yang kali mimin akan bahas tentang Augmented Reality nih.  Pasti sebagian dari kalian udah pernah dong nonton film Transformer, Ironman, atau mungkin Jurassic Park? Pasti udah pernah dong mimin aja udah berkali-kali liat filmnya, hehe. Nah, kalian ada pernah ngga sih bertanya-tanya gimana cara buat filmnya itu? iyaps, salah satunya dengan Augmented Reality Dari pada penasaran langsung aja nih simak penjelasan yang berikut ini. 


Pengertian


Augmented Reality atau mungkin kalian lebih kenal dengan AR merupakan sebuah teknologi dimana seseorang mengalaminya melalui Video atau Audio 3D. Emm, berarti hampir sama dong dengan Virtual Reality atau VR? Eits, memang AR dengan VR hampir memiliki kesamaan, namun terdapat beberapa perbedaan besar di antara keduannya.
             
Jika Virtual Reality membawa seseorang kedalam "Dunia" berbeda untuk merasakannya, namun beda dengan halnya Augmented Reality. Augmented Reality berhubungan dengan dunia nyata. Contohnya, Mungkin kalian pengguna handphone Apple pernah menggunakan aplikasi bernama ARTKit. Aplikasi ini merupakan aplikasi navigasi yang digunakan untuk melihat rute seperti biasa namun, aplikasi ini dapat menampilkan rute dan penjelasan secara real-time dengan aplikasi ini. Misalnya kalian mau pergi ke sebuah Museum atau Tempat yang lain dimana apabila kalian menggunakan aplikasi ini maka akan muncul sebuah garis yang akan menunjukkan lokasi tempat itu berada sekaligus apabila kalian mengarahkan ke sebuah toko atau tempat-tempat bersejarah maka akan ada penjelasan singkat tentang toko tersebut. 

Atau contoh lain Augmented Reality adalah yang kalian gunakan setiap hari dan sekarang juga fitur itu lagi ngehype banget di kalangan pengguna Instagram. Banyak dari kalian pasti pernah menggunakan filter instagram yang dimana fitur itu dapat menampilkan animasi yang sebenarnya itu tidak terdapat di dunia nyata namun dapat muncul di hasil jepretan kamera instagram. Contoh gampangnya adalah filter kacamata, filter ini membuat kalian seakan menggunakan kacamata di kamera instagram adalah saat yang bersamaan kalian hanya menatap sebuah kamera handphone tanpa sebuah kacamata. 


Prinsip


Prinsip utama sebuah Augmented Reality atau AR secara teori adalah menghadirkan efek virtual dalam dunia sesungguhnya. Contoh sederhananya Augmented Reality dapat menghadirkan efek visual yang kalian dapat lihat melalui ponsel yang sudah mendukung teknologi AR ini. Pokemon GO, iyaps aplikasi ini adalah salah satu aplikasi yang support dengan teknologi AR. Dimana Aplikasi ini pernah Ngehype banget tahun 2016 yang dimana seorang pemain harus berjalan keluar rumah untuk mendapatkan pokemon. Pasti Kalian salah satunya kan? hehe, ngaku aja deh. 

Oke, Sekian dulu artikel dari mimin, nanti kita akan bahas mengenai Augmented Reality ini dilain kesempatan. Di Tunggu ya update selanjutnya jika kalian masih penasaran dengan Augmented Reality ini.


   

Comments