Teknik Animasi 3 Dimensi

Teknik Animasi 3 Dimensi 

Animasi 3 Dimensi dengan Blender

Pada kesempatan kali ini saya akan menuliskan tentang beberapa hal menyangkut Teknik Animasi 3 Dimensi. Teknik Animasi 3 Dimensi merupakan suatu obyek yang terdapat di dalam sebuah ruang 3 Dimensi, dimana obyek tersebut dapat berpindah, berputar, sama seperti obyek aslinya. Apa aja sih teknik animasi 3 dimensi? mari kita simak yang berikut ini.

Modelling

Contoh sebuah model animasi Modelling 

Dalam tahapan sebuah animasi sebuah Modellling merupakan hal yang mendasar untuk sebuah animasi. Terdapat dua jenis model yaitu solid yang digunakan untuk merincikan volume obyek yang akan ditampilkan. Selain itu lebih sering digunakan untuk simulai CAD, konstruksi geometri solid dan sebagainnya. Selanjutnya yaitu shell / Boundary yaitu menggambarkan permukaan batas suatu obyek. Untuk Prosesnya lebih mudah dikerjakan dan lebih sering diggunakan untuk pembuatan sebuah video game atau film.
   Animation
Terdapat beberapa teknik untuk membuat animasi, antara lain sebagai berikut :
  • Traditional Animation ;
Proses ini adalah yang digunakan untuk sebagian besar film animasi pada abad ke-20. Setiap frame dari animasi tradisional adalah sebuah foto dari gambar, yang sebelumnya digambar dikertas dan kemudian dibentuk ilusi gerakan dan masing-masing gambar tersebut dibuat sedikit berbeda dengan gambar yang seblumnya. 
  • Full Animation ;
Jika melihat proses produksi sebuah film animasi tradisional berkualitas tinggi, semuanya diatur dalam menggunakan gambar yang sangat detail dan juga gerakan yang sesuai setiap framenya. Film animasi penuh dapat dibuat dengan berbagai macam cara, dari sebuah animasi yang realistis hingga yang lebih mengarah ke kartun.
  • Limited Animation ;
Menggunakan detail yang kurang rinci, gambar yang digunakan lumayan stylist dan menggunakan metode perpindahan. Penggunaannnya dapat menghasilkan animasi dengan biaya yang efektif untuk media. 
  • Rotoscoping ;
Rostoping adalah proses dimana seorang animator melihat sebuah gerakan frame demi frame. Sumber film dapat secara langsung digandakan dari aktor ke gambar animasi.  
  • Live-Action/Animation.
Teknik ini adalah teknik dimana sebuah proses penggabungan sebuah karakter yang telah digambar menjadi sebuah film animasi, yang kemudian difilmkan kembali dengan karakter manusia aslu serta background yang nyata 
           Rendering 
         Merupakan proses menggeneralisasi sebuah gambar dari sebuah model dengan memberikan atribut obyek seperti warna, tekstur, permukaan dan kadar transparansi dengan menggunakan program komputer.




Comments