Prinsip Animasi 2D

12 Prinsip Animasi


12 Prinsip Animasi berikut ini merupakan prinsip dasar yang digunakan seorang animator untuk membuat animasinya terlihat hidup dan mempunyai timming yang begitu apik di setiap frame per frame.

   1. Anticipation

Anticipation Dapat juga diartikan sebagai ancang-ancang dalam sebuah gerakan setiap obyek yang bergerak. Contoh mudahnya adalah ketika obyek melompat pasti akan ada sebuah gerakan ancang-ancang untuk dapat melompat lebih tinggi.

  2. Slow in and Slow Out
   
Slow in and Slow Out adalah prinsip gerakan yang memiliki percepatan dan perlambatan yang berbeda-bed. Slow in terjadi jika sebuah gerakan akan berawal dari lambat kemudian menjadi cepat. Slow Out terjadi apabila sebuah gerakan yang awalnya cepat menjadi lambat.

 3. Solid Drawing

Dalam sebuah animasi pasti identikdengan sebuah design karakter yang dibuat oleh karakter. oleh karena itu prisip ini sangatnlah penting untuk ebuah animator. Agar animator dapat menyajikan karakternya menjadi hidup, seorang animator harus bisa mewujudkan karakternya tersebut hidup dengan prinsip ini.

 4.  Timming & Spacing

Timming adalah menentukan waktu kapan sebuah gerakan harus dilakukan, atau bisa diartikan kapan sebuah animasi itu digerakkan langkah demi langkah. Dan sementara Spacing adalah menentukan Percepatan dan perlambatan dari bermacam-macam jenis gerak

5. Squash & Strecth

Squash & Strecth adalah sebuah upaya untuk menambahkan sebuah efek lentur atau elastis di dalam sebuah animasi. Bisa dilihat di gambar bahwa Bola yang jatuh akan membentuk Elips yang kemudian kembali lagi ke bentuk bola setelah memantul

6. Arcs
 
Arcs adalah pergerakan realistis makhluk hidup seperti hewan, manusia, dan tumbuhan disebut Arch. secara gampangnya Arch adalah sebuah gerakan realistis dari sebuah makhluk hidup di dalam sebuah animasi.

7. Secondary Action

Secondary Action adalah gerakan tambahan yang digunakkan untuk memperkuat gerakan utama agar sebuah animasi tampah lebih realistis.

8. Follow Through and Overlapping Action

Follow Through adalah gerakan yang diikuti setelah obyek tersebut berhenti. atau secara gampangnya apabila ada seseorang berlari walaupun orang tersebut telah berhenti pasti saat berhenti rambut akan tekibas ke depan.
Overlapping Action adalah gerakan selang-seling atau apabila seseorang berjalan maka akan terlihat dua buah kaki atau akan saling mendahului.

9. Straight Ahead Action And Pose to Pose

Straight Ahead Action berarti seorang animator membuat animasinya gambar per gambar (frame by frame) dari awal sampai akhir sendiri. Hasil yang dihasilkan pun akan terlihat lebih konsisten.
Pose to Pose berarti sebuah animasi dibuat dengan cara menggambar keyframe-keyframe tertentu saja, selanjutnyain-between atau interval antar keyframe digambar/dilanjutkan oleh asisten/animator yang lain. cara ini dapat dapat mempersingkat waktu pembuatan.

10. Staging

 Staging adalah suasana atau mood dalam sebuah animasi

11. Appeal

Appeal berkaitan dengan keseluruhan look atau gaya visual sebuah animasi (Ciri khas setiap developer animasi)

12. Exaggeration

Exaggeration adalah upaya mendramatisir sebuah animasi dalam bentuk rekayasa gabar yang bersifat hiperbola. Biasanya prinsip ini sering kita jumpai di film-film kartun seperti masha and the bear atau tom and jerry

Prinsip Anticipation

Sekian, semoga informasinya bermanfaat jangan lupa tinggalkan komentar kalian di blog ini karena komentar kalian akan membangun blog ini untuk kedepannya. 

Comments